7 Street Food Wajib Icip Di Bandung

06.30


Photo: TripAdvisor.com

Bandung sudah sangat terkenal sebagai kota sejuta kuliner. Bisa dipastikan, hampir setiap minggu ada saja kafe atau resto baru di Bandung. Selain kafe dan resto, jajanan pinggir jalan atau street food di setiap sudut kota Bandung sangat digemari dan selalu laris manis. Berikut rekomendasi 10 food street enak dan pastinya, ramah di kantong.

     Cireng Cipaganti
Banyak yang bilang bahwa Cireng Cipaganti adalah pelopor cireng isi pertama di kota Bandung. Permukaan cireng yang kering,  terasa begitu kenyal saat dikunyah, terlebih saat saus kacangnya lumer di mulut. Pilihan isi cireng nya pun bervariasi, mulai dari isi kornet, abon, kacang, sosis, juga keju. Jika ingin membeli cireng sebagai oleh-oleh, anda bisa beli cireng mentah untuk digoreng sendiri di rumah. Cireng ini juga terkenal dengan saus kacangnya yang gurih dan lembut. Sang pemilik yang biasa dipanggil Abah Radja,  sudah menjajakan cemilan ini sejak tahun 1990, menurut pengakuannya, banyak wisatawan asing yang beli cireng mentahnya sebagai bekal untuk dibawa pulang ke negerinya.
Lokasi : Jl. Cipaganti no. 305 (depan Kantor Pos, sebelah Pom Bensin Cipaganti)
Range harga : 5ribu-20ribuan

     Roti Bakar Gang Kote
Ada begitu banyak penjual roti bakar di Bandung, tetapi belum afdol rasanya kalau Anda belum coba roti bakar yang legendaris. Roti Bakar 234, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Roti Bakar Gang Kote ini, sudah dirintis sejak tahun 1970an. Isian roti bakarnya pun bervariasi, ada yang asin seperti keju dan kornet, ada juga yang manis, seperti cokelat, nanas, lobi-lobi, dan blueberry. Ukuran rotinya cukup besar dan tebal, isiannya juga penuh! Ciri khas roti bakar disini pun unik, yakni dibakar dengan menggunakan arang, sehingga ketika dimakan, tercium aroma khas arang.
Lokasi : Jl. Jendral Sudirman, di Gang Kote. (Ada cabangnya juga di Suryani dalam dan di Ramdhan)
Range harga : 20ribu-40ribuan
Jam Buka: 14.30 - 22.00

     Nasi Kuning Pasir Koja
Saat siang hari, daerah Pasirkoja merupakan area pertokoan. Begitu menjelang sore, saat toko-toko sudah mulai tutup, barulah bermunculan para pedagang yang menjual makanan di sekitar trotoar. Salah satu makanan enak di sekitar lokasi ini adalah nasi kuning Pasirkoja, yang sudah ada sejak tahun 1970. Nasi Kuning disini sedikit berbeda dengan nasi kuning pada umumnya, yaitu disajikan dengan sayur yang bisa kita pilih sendiri. Anda bisa pilih, ingin menggunakan tahu kuah, semur jengkol, tempe orak arik, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Meskipun tempatnya sederhana, yakni di trotoar jalan, tapi rasa nasi kuningnya juara! Nasi yang pulen, diberi taburan bawang goreng diatasnya, plus lauk pauk pastinya terasa semakin mantap dan ingin nambah lagi.
Lokasi : jl. Pasirkoja 114 (depan toko mas ABC)
Range harga : sekitar 10-15ribuan.
Jam buka: jam 8 malam – 1 pagi.

     Seafood Mas Gondrong
Jika anda mengira bahwa makan seafood harus keluar uang banyak, maka Anda wajib kenalan dengan Mas Gondrong, tempat makan seafood paling murah meriah. Rasanya juga boleh diadu, menu seafood disini juga lumayan lengkap, mulai dari kerang, ikan kerapu, cah kangkung, sampai kepiting. Porsinya kecil, pas untuk seorang. Di tempat ini, Anda bisa makan cumi saos padang, cumi goreng tepung atau udang goreng mentega dengan harga sekitar 10ribuan saja per porsi. Murah bukan? 
Lokasi : jl. Klenteng no. 22
Range harga : cumi dan udang seporsinya 10ribuan. Kepiting 50ribuan

     Perkedel Bondon
Makanan ini sebenarnya hanya perkedel kentang biasa, disebut perkedel bondon karena waktu jualannya di malam hari. Tekstur perkedel yang garing diluar dan lembut juga gurih didalam, membuat para pengunjung rela antri untuk mencicipi makanan berbahan dasar kentang tersebut. Tepat disebelah perkedel Bondon, tersedia juga warteg yang buka hingga tengah malam juga. Ditempat ini, anda bisa makan perkedel dengan nasi plus lauk pauk seperti dendeng, ayam goreng, dan aneka sayur.
Lokasi : Jl. Kebon Jati, masuk ke Babakan Stasiun Hall no. 43
Range harga : perkedel 1500/pcs
Jam buka: jam 11 malam – jam 4 subuh

     Nasi Bistik Astana Anyar
Nasi Bistik Astana Anyar atau biasa dikenal dengan sebutan nasi bistik AA, hampir setiap hari selalu penuh oleh para pelanggan. Meskipun berjualan disimpang jalan dengan roda sederhana, tidak membuat pembeli yang bermobil mewah enggan untuk pergi kesana. Makanan yang dijual disini, banyak macamnya, ada nasi bistik ayam, nasi goreng bistik, puyunghai, juga capcay. Enak, sehat, bergizi, dan pastinya murah meriah.
Lokasi : Jl Astana anyar 264 Bandung (dekat Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar )
Range harga : 16rb -21rb
Jam buka: 5 sore – habis

     Cuanki Serayu
Tahukah anda, nama Cuanki merupakan singkatan dari Cari UANg dengan jalan kaKI. Karena cuanki dikenal dengan cara jualannya yang dipanggul, dan pedagangnya berkeliling dengan berjalan kaki. Salah satu makanan khas Bandung ini, dalam satu porsinya berupa campuran bakso, tahu goreng, tahu putih, siomay, dan batagor. Cuanki di jalan Serayu ini, merupakan cuanki yang paling terkenal di Bandung, dan sudah berjualan sejak tahun 1990, dan saat ini lokasi jualannya sudah tidak ‘jalan kaki’ lagi.
Lokasi : jl. Serayu no. 2 (dekat dari jl. Riau)
Range harga : seporsi 14ribu, setengah porsi 10ribu.
Jam buka: buka jam 11.00-20.00

Semuanya terlihat enak, murah, dan lezat bukan? Para food hunter, tunggu apalagi?  Segera siapkan diri anda untuk menjelajahi berbagai kuliner-kuliner jalanan lezat di Bandung. Setelah capek berkeliling, anda bisa menginap di hotel murah di Bandung. Anda bisa melakukan booking hotel murah di Reservasi.com. Selamat berwisata kuliner!


You Might Also Like

0 komentar

Instagram